Bupati Asahan Tinjau TPA Sampah

Bupati Asahan Tinjau TPA Sampah

topmetro.news Bupati Asahan, H Surya BSc didampingi Sekda, Drs John Hardi Nasution MSi,  Kadis Lingkungan Hidup, Agus Jaka Putra Ginting SH, Kadis PUPR, Ir Tengku Adi Huzaifah, Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar MSi meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat , Rabu (31/3/2021).

Kedatangan H Surya dan rombongan untuk melihat secara langsung pengelolaan sampah dan memastikan penanganannya dilakukan secara baik dan benar. H Surya menginstruksikan kepada Kadis LH dan Kadis PUPR untuk mengerahkan alat berat merapikan tumpukan sampah yang berserakan.

Terkait lokasi TPA saat ini, H Surya menilai masih mampu menampung sampah dari Kota Kisaran dan sekitarnya hingga 2 atau 3 tahun ke depan. H Surya berharap lokasi sampah itu perlu dikelola dengan baik, sehingga lokasi TPA ini benar-benar rapi. Sampah yang diangkut ke sana tidak berserakan. TPA ini perlu pengelolaan yang bagus, agar sampah-sampah yang dibuang benar-benar tidak menganggu masyarakat sekitar.

“Kerahkan alat berat ke TPA sebagai antisipasi agar sampah yang dibuang tidak berserakan dan tertata dengan baik. Kedepan  petugas yang memungut dan membuang sampah ke TPA benar benar memperhatikan sisi lingkungan, jangan asal buang”, kata H Surya.

H Surya mengatakan, sesuai laporan Kadis LH bahwa luas TPA saat ini sekitar 2 ha. Kedepan kita akan mengajukan penambahan luas TPA ke pihak PT BSP seluas 8 ha. Jadi nantinya luas TPA menjadi 10 ha dengan harapan dilokasi ini akan dibangun mesin pengolah sampah terpadu agar sampah yang terkumpul dapat dikelola dengan baik serta memberikan manfaat.

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah, H Surya meminta Kadis LH mengajukan anggaran pengadaan alat berat pada P APBD tahun 2021. Lakukan konsultasi ke Pemkab/Pemko yang pengelolaan sampahnya sudah berjalan baik agar nantinya dapat diterapkan di Asahan.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment